Kamis, 17 Maret 2011

* Jepang Tsunami, Ekonomi Indonesia Terancam Rontok!

Gempa berkuatan 8,8 SR dan terjangan tsunami yang melanda Jepang bisa berdampak dasyat menimbulkan tsunami ekonomi dan politik di Indonesia.
Sebab, perekonomian Indonesia memiliki kaitan yang sangat kuat dengan Jepang. Jumlah investasi Jepang dan bantuan bantuan dana hibah yang telah direncanakan kepada Indonesia serta komitmen investasi jepang terhadap Indonesia cukup besar.
Selain itu jepang adalah merupakan salah satu negara tujuan ekspor bagi Indonesia untuk sektor tekstil, furnitur, hasil perkebunan, aquaculture dan migas
"Dengan demikian dampak Tsunami Jepang akan sangat mempengaruhi ekonomi Indonesia dimana komitmen investasi dan dana bantuan hibah dari Jepang akan dihentikan untuk waktu yang tidak dapat diprediksi, sebab Jepang sendiripun harus berusaha meyelamatkan ekonomi domestik mereka," ujar Ketua Presidium Nasional Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono, Minggu (13/3/2011).
Tidak itu saja kemungkinan penjadwalan hutang pemerintah Indonesia kepada jepang kemungkinan akan dibatalkan. Hal ini pasti dilakukan oleh Jepang karena Jepang pun membutuhkan dana yang cukup besar untuk melakukan pemulihan ekonominya dan pembangunan infrakstrukturnya akibat Tsunami yang melanda Jepang.
Situasi ekonomi yang menyulitkan pemerintah dipastikan akan berimbas kepada kebijakan ekonomi politik, khususnya rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Jika pemerintah tidak hati-hati dalam mengambil kebijakan ekonomi-politik maka akan berimbas kepada situasi politik nasional.
Perusahaan perusahan nasional yang berorientasi ekport ke Jepang akan mengurangi produksi malah mungkin akan menghentikan produksinya untuk sementara akibat hilangnya pasar mereka di Jepang yang pada akhirnya akan meyebakan PHK .
"Karena itu pemerintah SBY harus melindungi perusahaan perusahan yang berorientasi Ekpor ke Jepang yang akan mengalami penurun produksi dan melakukan penghentian sementara operasi serta melaklukan PHK akibat tsunami Jepang. Jika tidak maka tsunami Jepang akan dapat meyebakan tsunami ekonomi dan politik di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar