Jumat, 08 April 2011

Kegiatan ekonomi masyarakat

Tiga Pokok Kegiatan Ekonomi Masyarakat
Kegiatan ekonomi masyarakatpada dasarnya dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1. Produksi
Produksi adalah kegiatan menciptakan barang dan jasa atau memberi nilai tambah suatu barang atau jasa.
2. Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.
3. Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai manfaat suatu barang.
Dari ketiga kegiatan ekonomi masyarakat, manakah yang kira-kira lebih dominan dilakukan masyarakat kita?
Kegiatan Konsumsi Mendominasi
Mungkin Anda akan menjawab nomor 3. Ya. Memang, saat ini, masyarakat kita cenderung untuk menjadi masyarakat konsumtif. Lihat saja di mall, kita sering melihat pemandangan ibu-ibu atau tante-tante yang menenteng belanjaan berisi beragam jenis barang. Apalagi, bila sedang sale pasti kondisinya seperti semut mengerubuti gula.
Memang, kegiatan konsumsi bisa meningkatkan pendapatan suatunegara. Namun, tidak sadarkah bila kegiatan konsumsi yang berlebihan atau konsumtif bisa berakibat buruk pada suatu negara dalam jangka panjang.
Masyarakat yang lebih mengutamakan kegiatan konsumsi daripada produksi akan memiliki ketergantungan tinggi terhadap pihak lain. Akibatnya, masyarakat konsumtif menjadi mudah 'dipermainkan' Dalam hal ini, dipermainkan harga. Bila sudah memiliki ketergantungan tinggi, berapa pun harganya tidak akan dipedulikan.
Di samping masalah ketergantungan, kegiatan konsumsi berlebihan juga membuat masyarakat menjadi tidak kreatif. Masyarakat yang konsumtif hanya akan berpikir membeli dan tidak berpikir bagaimana menciptakan.
Tentu saja hal ini akan berakibat buruk dalam jangka panjang. Bagaimana bila masyarakat di suatu negara tidak ada keinginan untuk memproduksi barang dan hanya berminat untuk mengonsumsi barang. Bisa dibayangkan.
Meningkatkan Kegiatan Produksi
Salah satu kegiatan ekonomi masyarakat adalah kegiatan produksi. Untuk menghindari mandeknya kreativitas masyarakat, kegiatan produksi harus ditingkatkan. Entah dalam skala kecil ataupun besar.
Cara-cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat dalam hal produksi, di antaranya sebagai berikut.
1. Menggalakkan UKM
UKM atau Usaha Kecil Menengah adalah salah satu kegiatan ekonomi berskala kecil, namun tahan banting kala kondisi perekonomian suatu negara sedang mengalami resesi.
UKM bisa digalakkan dengan memberdayakan mahasiswa-mahasiswacerdas yang memiliki banyak ide untuk menciptakan suatu usaha dengan modal kecil.
2. Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Kreatif
Ibu rumah tangga juga merupakan aset dalam perekonomian suatu bangsa. Pemberdayaan ibu rumah tangga kreatif dimaksudkan untuk mencetak ibu rumah tangga yang produktif dan rajin berkarya dalam bidang yang dikuasainya.
3. Cinta Produk Dalam Negeri
Kebanyakan dari kita masih bangga dengan produk luar negeri. Padahal, produk dalam negeri juga tidak kalah menarik dengan luar negeri. Itu sebabnya mulai sekarang dukung dan banggalah dengan produk dalam negeri karena itu hasil karya saudara kita sendiri.
4. Membidik Pasar Luar Negeri
Selama ini, kita juga yang selalu dijadikan sasaran luar negeri. Menurut mereka, kita adalah pasar yang empuk. Untuk itu, sekarang kita harus berusaha membalikkan kondisi. Bukan kita yang bergantung, melainkan mereka, dengan cara menjual produk kita ke luar negeri. Tentunya, produk yang kita jual harus berkualitas.
Intinya, kegiatan ekonomi masyarakat harus seimbang antara produksi, distribusi, dan konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar